handiramy's Blog

Just a stupid weblog

Perbedaan di Antara Kita

“Aku suka sama kamu”, aku bisa sefrontal itu memang, apalagi kita memang mulai agak dekat. Waktu aku kangen sama kamu pun, aku bisa mengutarakannya dengan gamblang. Pun jika aku sedang kesal dan mem’benci’mu. “Kamu terlalu spontan”, katamu. Ya memang begitulah aku. Dari dulu gaya bicaraku memang ceplas ceplos dan blak-blakan. Bahkan tanpa peduli konsekuensinya. Ini satu hal yang aku sedang dalam proses untuk mengontrolnya. Karena biar bagaimanapun, selalu ada aspek positif dan negatif dari setiap karakter.

Sepertinya ini memang karakteristik dasar dari orang-orang yang lahir di bulan Desember, khususnya yang berasi Sagitarius. Tapi mungkin ga semua ya. Semua kembali pada kebiasaan dan didikan di rumah dan lingkungan sekitar pastinya.

Sedangkan kamu? Aku sejauh ini mengenal kamu sebagai pribadi yang sangat sopan dan halus. Orang Jawa tulen. Jadi mungkin dalam hal etika berbicara memang karakteristik kita berbanding terbalik. Kamu harus bisa sabar dan ngemong aku. Sedangkan aku juga harus belajar untuk lebih mengontrol gaya bicaraku.

Hal lain yang berbeda diantara kita adalah sifatku yang cenderung lebih terbuka sedangkan kamu lebih tertutup. Aku tidak pernah menyembunyikan apapun dan bahkan sering ‘laporan’ mengenai kegiatan yang sedang atau akan kulakukan. Karena memang begitulah kebiasaan di keluargaku. Sedangkan kamu itu buatku cukup misterius. Dan kamu suka menghilang tiba-tiba, membuatku kesal saja.

Advertisements
Leave a comment »

Rindu Tiba-Tiba

Rindu selalu datang tiba-tiba. Pun demikian saat ini. Ia mendadak muncul, di saat aku bersiap untuk tidur. Padahal, sejak bangun tidur tadi pagi, tidak ada perasaan rindu ini.

Rindu terkadang datang di saat yang tak diinginkan. Seperti saat ini. Ia mendadak muncul, di saat aku tak dapat berjumpa ataupun menghubungimu.

Rinduku padamu yang mendadak ini seakan tak terbendung lagi. Semoga besok kita bisa berjumpa. Iya, besok. Ah, aku tak sabar menunggu esok datang. Mari kita tidur! 😊

Leave a comment »

Mungkinkah engkau jawaban dari doa-doaku?

Ataukah kau hanya lewat untuk sekedar memberi pelajaran berharga?

Tuhan, aku lelah.

Tolong jangan jatuhkan cintaku pada orang yang salah lagi.

Leave a comment »

Guys. Negara kita udah dapet predikat bangsa yang malas membaca. Sekarang ketambahan malas jalan kaki pula. Duh!

Kaum bumi datar alias wong g*blok pasti akan bela diri “Ga semuanya malas..”. Hahahahaha loh yang bilang SEMUA itu siapa?

Yang bilang kayak gitu udah jelas kaum yang tidak bisa berpikir dengan cerdas. Ingat, cerdas dan pintar itu berbeda ya!

Jika suatu survey menyatakan misalnya “Warga Kampung Salak suka mengaji.”. Apa artinya? Semua 100% warga Kampung Salak tanpa terkecuali suka mengaji? Oh tidak.. Cuma wong ga cerdas yang mikir gitu. Kecuali jika kalimatnya adalah “Semua Warga Kampung Salak suka mengaji.”.

Jika hasil surveynya adalah “Warga Kampung Salak suka mengaji.”, ini artinya at least minimal 50.01% warganya suka mengaji.

Kalo lo protes ke pihak yang ngesurvey, “Ga semuanya suka ngaji kaliii… banyak juga yang males…”. Loh yang ada malah eloooo diketawain sama mereka. Kenapa? Karena yang goblik itu eloooo πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚ Kok sebegitunya gagal paham. Logikanya ga bisa dipake lagi kenapa? Udah terlanjur tersulut amarah pas liat hasil survey? Udah keburu pengen ngomen sok bijak akibat rasa “gue yang paling tahu segalanya”?

Nih orang2 gagal paham kayak elo nih yang bikin jelek nama bangsa kita. Kenapa coba orang bisa suka gagal paham? Karena kebiaasannya males baca! Ga pernah ngasah otak!

Ayo guys, rajin membaca!

1 Comment »

Behind The Scene “Pikirkan Seribu Kali Sebelum Jatuh Cinta Dengan Orang Pakistan”

Hai semuanya, gimana kabar kalian? Gimana puasanya? Semoga lancar dan ibadah kita diterima Allah SWT, allahumma aamiin..
Sebelumnya, gue minta maaf karena gue udah janji mau nulis part ketiga dari “Pikirkan Seribu Kali Sebelum Jatuh Cinta Dengan Orang Pakistan“, tapi sampe sekarang gue belom sempet nulis karena sibuk (tapi pas lagi free juga kadang pas ga mood nulis sih haha).

Gue juga berterima kasih sama kalian semua udah mau mampir n baca blog gue. Terima kasih juga untuk yang udah nge-share ke temen2nya supaya insap haha. Btw, share boleh, copas boleh, asalkan jangan lupa cantumkan sumbernya yaa! Jangan plagiat, ok? Lafff yu olll 😘

Gue ga nyangka ternyata banyak banget yang baca artikel nyelonoh gue! *terharu*
Sampe sering blog gue kena ‘macet’ haha.

Dan sejauh ini gue juga dapet banyak respon positif. Dan dari sini satu hal yang gue yakin: BANYAK JUGA YA YANG KEPINCUT COWOK PAKISTAN πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜‚πŸ˜‚

Alhamdulillah, banyak pembaca yang bilang kalo mereka terinspirasi dan terbuka matanya berkat artikel nyelonoh gue itu. Perasaan gue? Jelas senang. Terharu. Karena memang tujuan gue adalah untuk menjaga cewek2 Indonesia. Bukan cuma jaga dari zinah, tapi jaga dari tipu daya muslihat busuk dan yang paling penting jaga dari sakit hatiiiiii 😭😭😭

Apakah ada yang respon negatif? Mungkin ada. Dan gue ga mau tau sih. Biasalah kaum sumbu pendek alias SDM rendah kalo nyinyir kan pasti dari belakang. Gue ga mau buang2 waktu buat ngurusin orang2 ga guna. Not my style.

Nah, banyak juga nihhh pembaca yang ga kenal gue kan, trus pada penasaran kok kayaknya gue bisa ngerti banget gitu seluk beluk gombaludin ala Pakistan. Apa gue sendiri pernah punya pengalaman sama cowok Pakistan? Jawabannya, jelas YA. Kalo ga ada pengalaman pahit, ga mungkin gue bisa ambil pelajaran dari situ dan sharing ke kalian. Jadi dalam postingan kali ini, gue mau cerita dulu pengalaman gue pacaran sama cowok Pakistan.

Gaya pacaran gue sama cowok Pakistan ini gue sebut LDVR (Long Distance Virtual Relationship). Loh, kenapa ga cuma “LDR”? Kenapa kudu ada embel2 “Virtual”nya? Karena gue kenal dia dari dunia virtual alias internet, pacaran cuma modal pulsa n kuota internet, dan BELOOOMM PERNAH KETEMU LANGSUNG WOOOYYY… *sedih banget sih haha*. Eh tapi lo juga pada LDVR kan?? Hayoo ngakuu!! Hahahaa πŸ˜‚πŸ˜›

Pertama kali kenal itu dari forum berbahasa Inggris (gue lupa nama websitenya!). Gue dulu emang masih hobi sih ikutan forum2. Kaskus pun gue ikut loohh haha.

Nah, gue lupa tuh gue sama doi ‘ketemu’ di thread forum yang mana, intinya dari situ doi tertarik sama gue trus ngeDM duluan. Karena gue ga tertarik ya gue cuekin aja ga gue bales. Eh dia getol dong ga nyerah! Kalo ga salah doi ngeDM gue sampe 10 kali. Karena gue kasian yowis gue bales. Lama2 dia nanya FB gue, akhirnya kita temenan di FB. Pasti lo mikir dari FB trus langsung jadian, ya kan?! Haha. Salah weeeekkk… Yang ada malah dia message gue berkali2 tapi baru gue buka 2 bulan kemudian, itupun gue lupa doi siapa haha.

Kebetulan doi orang Pathan, tapi ga putih2 amat. Muka juga ga kayak Pathan, malah kayak penjual batik di Malioboro. Untuk ukuran orang Jawa, emang cakep sih tapi ga yang sampe bikin meleleh macem mantan gue Fahri Albar. Doi ngakunya berasal dari keluarga menengah. Adeknya buanyaak, angka sbelom tuju, n ndak punya kakak. Ibuke pake cadar item. Bapake katanye guru di SMA. Rumahnya di suatu kota kecil, tapi waktu itu dia lagi ambil S1 di kota besar. Duh, gue ga bisa nyebut nama2 kotanye nih! Tau ga knapa? Soalnya sampe skarang doi masih suka ngepoin blog gue. Dipikirnya gue ga tau apa haha. Jadi gue harap doi ga ngerti nih kalo di postingan gue ini skarang lagi ngebahas die haha.

Waktu itu, gue habis putus sama mantan gue (orang Indonesia) skitar setengah taunan tapi masih gamon alias gagal mupon huhu. Nah, buat plampiasan ya akhirnye gue tanggepin juga deh nih bocah Pakistan. Pedekatenya ga lama, langsung gue terima, karena gue pengen cepet mupon dari mantan sbelumnya. Btw, ini cara yang salah untuk move on. Mohon jangan ditiru ya. Nah, trus apa pertimbangan gue kok mau nerima doi?

Karena gue pikir doi cowok pinter. Iya, gue suka cowok yang otaknya encer. Waktu doi bilang kalo dapet beasiswa full, gue langsung kecantol haha *plis deh*. Maklum masih begok, gue pikir dapetin beasiswa di sana sama susahnya kayak di sini. Doi dapet beasiswa full dari awal masuk kuliah sampe lulus, malah pas semester trakhir doi pertukaran pelajar ke yuesss.

Tiga bulan pertama pacaran, masih anget2nya dan gue udah bisa mupon dari mantan yang sbelumnya nih. Bulan keempat n kelima gue mulai mikir kok nih orang wawasannya cetek amat yak. Gue suka cowok pinter bukan hanya pinter di bidangnya doang, tapi yang wawasannya luas. Si doi di kuliahnya emang pinter tapi wawasannya ternyata cetek jadi gue mulai agak ilfil wkwk *gampang amat ilfilnya*.

Selain itu juga gue mulai ngerasa kok adat n pola pikir keluarga sanak famili n tetangganya aneh. Di bulan ketuju n kedelapan gue mulai yakin kalo doi sekeluarga seanak cucu semua masih pada primitip n konserpatip. Lalu gue mulai cari2 cara buat putus tanpa nyakitin. Nunggu momen yang pas ga dapet2 mulu. Akhirnya baru keturutan putuse di bulan kesepuluh.

Padahal doi serius sama gue. Gue udah dikenalin ke semua teman temin n keluarganya. Ortunya ga mendukung tapi doi tetep merjuangin gue, n doi didukung salah satu tantenya malah. Jadi tantene ini yang suka ngebujuk ibuke, sampe pada akhire ibuke setuju tapihhh dengan syarat setelah kewong gue harus pindah ke sana n pake cadar item juga *duh ogah lah yaw*. Dan gue ga boleh kerja. Hellooowww??? Buat apa gue kuliah susah2 deh huhu. Gue ga demen nih yang masih kolot2 begindang. Eitsss, gue ga bilang kalo jadi ibu rumah tangga ga baik loh ya (ini gue klarifikasi dulu soalnya pasti banyak kaum SDM rendah yang gagal paham). Gue juga tau kok kodrat gue sebagai wanita. Cuma ya namanya capek2 ngemban ilmu di salah satu institut terbaik di Indonesia sampe nangis darah, gue pengennya bisa ngerasain dunia kerja dulu, punya gaji, traktir2, ngajak jalan2 nyokap, n ngumpulin fulus buat modal nikah sama bisnis. Salah satu life goals gue adalah begitu bisnis udah mulai gede n jalan, bisa resign dari kantor deh. Jadi bisa kerja di rumah sambil ngurus anak.

Sedangkan sama si doi, gue bisnis pun masih diatur2. Intinya ga boleh kalo kastemernya cowok. *YAELAH BRO* *TEPOK JIDAT*

Doi juga pada saat itu masih belom modern mindsetnya soalnya pas belom ke yues kan. Waktu itu doi kurang mendukung studi n karir gue. Alamat ga bisa lanjut S2 n kerja ama bisnis ini mah kalo kewong ama doi. Cuma jadi babu di rumah. Mending kalo rumah sendiri! Lha ini joint family. Meskipun itungannya nanti gue bakal jadi menantu tertua n ga disiksa2 amat. Tapi tetep aja gue tipe orang yang ga bisa kalo ada orang lain di rumah. Buktinya, dari gue kecil sampe sekarang ga pernah punya pembantu yang nginep di rumah. Paling banter ya tukang cuci setrika n bersih2 yang dateng tiap 2 hari sekali.

Kebanyakan nyinyirers yang ber-SDM rendah itu pada suujon kalo gue paling diselingkuhin sama nih cowok, karena memang itu kasus yang paling banyak menimpa cewek2 Indonesia, termasuk mereka. Nah, di sini gue jelasin kalo TIDAK ADA PERSELINGKUHAN yang terjadi pada masa kami pacaran, baik dari pihak gue maupun doi. Loh, kok gue bisa yakin kalo doi ga selingkuh? Kan jauh ini jadi mana gue tau kan kalo doi main mata dibelakang. Jadi gini, dulu kebetulan gue pernah diajarin sama temen kuliah cara ngretes imel n efbe. Jadi ya itu yang gue lakuin ke doi tanpa sepengetahuannya haha. Ga cuma efbe n 2 imelnya, tapi juga sekaypinya haha. Nah trus kalo percakapan yang pake bahasa planetnya doi gimana? Gue biasanya nanya temen gue yang orang India yang gue percaya banget. *btw maap ya bahasa gue aneh gini soalnya biar ga bisa ditrenslet ama doi. Gue harap lo pada ngerti.*

Itu gue putuse wis dari awal empat belasshhh lohhh… sekarang udah pertengahan tujubelasshhh masih aja doi ngepoin gue! Kalo komunikasi sih udah enggak. Soalnya doi taunya gue udah punya cowok jadi ga berani ganggu. Bagus lah wkwk. Tapi ngeselin juga soale doi kadang suka ngomen di blog gue yang isinya sengaja njatuhin gue, nggoblok2in gue, dll lah. Iya, itulah sisi jeleknya. Mulutmu harimaumu.

Satu hal lain lagi yang bikin gue ilfil sama doi ya karena mulutnya. Kalo lagi marah, wiiiwww omongannya super nyelekit! Sumpah, doi manusia paling nyelekit omongannya yang pernah gue kenal. Kalo ini gue ga tau apakah semua orang Pakistan sama ato ga.

Ga cuma pas lagi marah. Lagi biasa pun kalo gue pas lagi ga ngerti sesuatu tuh omongannya nusuk juga dan gue dibego2in. Bukan secara langsung kayak “Bego banget sih lo!”, tapi “Mosok hal kecil kayak gitu doang aja kamu ga ngerti? Semua orang aja ngerti.”. Kan sampah yak orang kayak gitu haha. Toh wawasan dia cetek aja ga pernah gue gituin.

Habis putus, gue cuma butuh skitar 2 bulanan doang buat mupon. Ya mungkin karena udah ilfil duluan yaa. Cuma beberapa bulan kemudian pas doi ultah masih gue kasih kjutan kuweh ultah. Karena gue masih ada respek n balas budi juga soale taun sbelumnya pas gue ultah, doi ngirimin kado banyak ama kuweh. Waktu itu udah ga ada rasa cintrong lagi, cuma respek n care sebagai temen. Tapi lagi2 nynyirers di luar sana yang merasa paling tau segalanya mah pada suka ngegodain gue “ciyee masih cintaaa”, “ciyeee belom mupon”. Padahal dalem hati gue “apa deh lo” haha krik krik banget.

Sialnya nih, gara2 gue kasih kuweh, doi jadi pede kalo gue masih cintrong sama doi. Trus kayak mulai ngedeketin perlahan lagi. Tapi ga gue gubris. Lha daripada nyakitin doi lagi. Btw, bukan berarti gue ga pernah beneran cinta selama gue pacaran sama doi loh ya. Gue beneran cinta dan tulus. Karena memang beginilah gue. Kalo udah sayang sama satu orang ya ga main2 dan cukup satu. Kalopun gue ilfil bukan berarti cintanya langsung mendadak hilang semua. Cuma gue terpaksa mutusin doi karena gue tau kalo kewong sama doi ntar masa depan gue suram haha.

Ya itulah cerita singkat yang sebenernya ga singkat tentang LDVR gue sama cowok Pakistan. Makanya gue lumayan tau seluk beluk negara mereka. Toh ga cuma dari pengalaman pribadi aja, tapi gue juga suka baca2 buku n artikel, nonton film2 dokumenter, trus pengalaman2 dari orang lain juga. Lagian juga jaman gue pacaran kan kalo ngobrol bisa semuanya gue tanyain tentang ini itu terutama adat istiadat n ngecek mindset, ga kayak elo yang kalo pacaran cuma sayang2an doang haha *piisss bercanda yee*.

Gue ga bisa cerita terlalu banyak. Nanti aja di postingan selanjutnya bakal gue tulis mengenai gambaran kehidupan di sonoh beserta pola pikir mereka. Yap, di part 3. Sesuai janji gue.

Buat elo yang pada pengen sharing pengalaman juga silahkan komen aja. Syaratnya dilarang saling bully ya dan dilarang bawa2 politik. Laffyuuu 😍😘😘

9 Comments »

I Wish He’s My True Love

He can always handle me.

And it makes me more attached to him.

I love him so much. I might have been in love before, but it never felt this strong. So strong that I realize that this is a different love. So strong that I’m not interested in any other man. So strong that I don’t wanna get married unless with him.

I salute his patience to handle a girl with mental illness like me. He can always rebukes my mistakes or wrongdoings without hurting me. He can always teach me good lessons in life. He can change me into a better person. A man like him is the one I need. Yes, I need him.

I wonder if I can find someone like him. Never I feel “he is the right one for me” or “he is the best for me” before. Yes, that’s what I feel. Though I will never know God’s plan. Maybe for God, this man is not the best for me. Only HIM knows. Sometimes I want to be selfish and presumptuous to God by asking HIM to have me marry this man. Oh God, please forgive me.

I really hope he is my true love.

Leave a comment »

National Broken Heart Day

My crush, Hamish Daud, got engaged with my doppelgΓ€nger, Raisa, last night.

Imagine how many male fans of her got their heart broken as she is considered one of the most beautiful women in Indonesia.

Not only the guys, but girls also had their heart broken because their dream-ideal-future-husband was finally officially taken. Including me, huhu.. Babang Hamish jahhaaaaaddd!! πŸ’”πŸ˜­

Hence, as a joke, people named today as National Broken Heart Day. πŸ˜‚πŸ˜‚

But was I really literally broken because of that? Of course no. You can never compare your imaginary crush with your real crush, can’t you? 😏

Anyway, congratulations Yaya and Hamish! πŸŽ‰πŸŽŠπŸ’πŸ’ž

Leave a comment »

Buat yang pernah message saya πŸ˜˜

Dear readers/followers/friends,

Jika kalian mencoba untuk menghubungi saya via message, baik melalui email, maupun facebook, ada baiknya jika kalian memperkenalkan diri terlebih dahulu, juga memberi tahu dari mana kalian menemukan saya, baru setelah itu sampaikan maksud/tujuan kalian. 😘

Hal itu akan lebih sopan dan educated jadi saya juga akan senang membalas pesannya. Btw ini berlaku untuk kalian yang belum pernah saya kenal, apalagi ga temenan di sosmed. 😊

Jadi saya mohon maaf buat yang pesannya tidak saya buka/balas. Trims 😘

Leave a comment »

On the way to Jakarta by train with mom. Unexpectedly someone called me on Whatsapp and turned into a video call. He wore the shirt I gave to him.

Being happy is that simple. πŸ™‚

Leave a comment »

Rahasia Rambut Lebat Bayi: Kacang Hijau

Alhamdulillah Allah memberikan saya mahkota yang sangat indah: rambut lebat hitam panjang. Rambut saya sejak baru dilahirkan di dunia ini memang sudah sangat tebal dan gondrong. Bayangkan saja, waktu saya masih merah alias baru lahir, rambut saya sudah bisa dikucir. Ketika saya masih bayi di bawah satu tahun, rambut saya njegrak lurus ke atas.

Bagaimana rambut saya sekarang? Masih lurus panjang, tanpa pernah di-rebonding maupun di-smoothing. Warnanya hitam pekat dan berkilau, sampai sering ditanya orang, “Rambutnya dicat hitam ya?”. Padahal saya tidak pernah mewarnai rambut. Sering juga orang mengomentari, “Rambutnya hitam sekali..”, dan saya jawab dengan candaan, “Iya, hitamnya sampai luntur ke kulit. Haha..”. Rambut saya juga sangat tebal sehingga setiap kali saya creambath di salon, butuh dua orang sekaligus untuk mengeringkan rambut saya yang basah, itupun tetap membutuhkan waktu yang lama. Sering sekali orang melontarkan pertanyaan, “Rambutnya berat ga mbak?”. Well, terus terang, dalam kondisi basah dan belum diperas sih ya berat haha.

Rambut saya berada dalam fase tercantik dan terindah ketika sehabis creambath di salon lalu dicatok. Mirip seperti rambutnya Pragya dalam serial India “Lonceng Cinta” (rambut Pragya yang versi lurus, bukan keriting gantung). Pasti banyak orang yang berpikir bahwa saya rajin melakukan perawatan rambut dari kecil atau remaja. Padahal, saya ‘agak’ rajinnya malah baru-baru ini saja. Karena dari kecil saya itu sangat tomboy. Saya belum mengerti cara merawat diri.

Nah, trus kok bisa saya punya rambut yang tebal, panjang, dan hitam pekat seperti itu?

Saya sangat sangat berterima kasih kepada wanita yang telah mengandung dan melahirkan saya. Ketika saya masih berada di dalam rahimnya, selama 5 bulan pertama, beliau tidak mau makan apapun kecuali KACANG HIJAU. Iya, bubur kacang hijau. Entah bikin sendiri atau beli di luar. Pokoknya judulnya kacang hijau. Karena beliau mual dan muntah jika mencium (bahkan hanya melihat) makanan yang lain. Huhu.. maaf ya ma, diriku merepotkanmu selama masa kehamilan.. Hihihi.. Setelah lewat 5 bulan, beliau baru bisa makan makanan lain, tapi tetap kacang hijau adalah menu favoritnya. 

Banyak yang tidak percaya, “Apa iya kacang hijau bisa bikin rambut tebal?”. Dan menebak-nebak mungkin saya memang punya gen turunan rambut tebal. Jawabannya adalah tidak. Kedua orang tua saya rambutnya tidak tebal. Bahkan alis mereka pun tipis, tapi saya punya alis yang tebal. Begitu pula dengan kakek nenek saya dari kedua belah pihak. Bahkan salah satu pakde saya pernah bilang, “Dalam satu trah kita, cuma Jehan satu-satunya yang rambutnya selebat ini.”.

Berhubung saya ini memakai hijab, jadi saya tidak bisa mengupload foto rambut saya di sini. Untuk itulah saya memberikan gambaran seperti di atas. Yah sekalian sombong dikit lah haha. #astaghfirullah

Nah, buat Anda yang sedang hamil, apalagi hamilnya ngebo, silahkan konsumsi kacang hijau. Inshaa Allah membantu supaya anaknya nanti berambut lebat. Trus gimana dengan yang udah terlanjur melahirkan dan rambut bayinya belum tumbuh lebat? Selama masa 2 tahun ASI, si ibu bisa konsumsi kacang hijau. Ini juga membantu kok. Karena ada pengalaman dari teman saya yang seperti itu. Kalau bayinya suka, boleh diberi minum air kacang hijau. Bayi tetangga saya ada yang masih umur 6 bulan sudah sering diberi air kacang hijau (pakai dot) dan hasilnya memang rambut si bayi jadi cepat tumbuh panjangnya dan jadi semakin lebat.

Jangan tanya saya apa kandungan kacang hijau yang membuat rambut menjadi cepat panjang dan lebat. Karena saya kurang paham. Untuk hal ini, Anda bisa cari di Google. Karena di sini saya hanya sharing pengalaman saja. Semoga bisa membantu.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. πŸ™‚

Leave a comment »