handiramy's Blog

Just a stupid weblog

Rahasia Rambut Lebat Bayi: Kacang Hijau

on April 12, 2017

Alhamdulillah Allah memberikan saya mahkota yang sangat indah: rambut lebat hitam panjang. Rambut saya sejak baru dilahirkan di dunia ini memang sudah sangat tebal dan gondrong. Bayangkan saja, waktu saya masih merah alias baru lahir, rambut saya sudah bisa dikucir. Ketika saya masih bayi di bawah satu tahun, rambut saya njegrak lurus ke atas.

Bagaimana rambut saya sekarang? Masih lurus panjang, tanpa pernah di-rebonding maupun di-smoothing. Warnanya hitam pekat dan berkilau, sampai sering ditanya orang, “Rambutnya dicat hitam ya?”. Padahal saya tidak pernah mewarnai rambut. Sering juga orang mengomentari, “Rambutnya hitam sekali..”, dan saya jawab dengan candaan, “Iya, hitamnya sampai luntur ke kulit. Haha..”. Rambut saya juga sangat tebal sehingga setiap kali saya creambath di salon, butuh dua orang sekaligus untuk mengeringkan rambut saya yang basah, itupun tetap membutuhkan waktu yang lama. Sering sekali orang melontarkan pertanyaan, “Rambutnya berat ga mbak?”. Well, terus terang, dalam kondisi basah dan belum diperas sih ya berat haha.

Rambut saya berada dalam fase tercantik dan terindah ketika sehabis creambath di salon lalu dicatok. Mirip seperti rambutnya Pragya dalam serial India “Lonceng Cinta” (rambut Pragya yang versi lurus, bukan keriting gantung). Pasti banyak orang yang berpikir bahwa saya rajin melakukan perawatan rambut dari kecil atau remaja. Padahal, saya ‘agak’ rajinnya malah baru-baru ini saja. Karena dari kecil saya itu sangat tomboy. Saya belum mengerti cara merawat diri.

Nah, trus kok bisa saya punya rambut yang tebal, panjang, dan hitam pekat seperti itu?

Saya sangat sangat berterima kasih kepada wanita yang telah mengandung dan melahirkan saya. Ketika saya masih berada di dalam rahimnya, selama 5 bulan pertama, beliau tidak mau makan apapun kecuali KACANG HIJAU. Iya, bubur kacang hijau. Entah bikin sendiri atau beli di luar. Pokoknya judulnya kacang hijau. Karena beliau mual dan muntah jika mencium (bahkan hanya melihat) makanan yang lain. Huhu.. maaf ya ma, diriku merepotkanmu selama masa kehamilan.. Hihihi.. Setelah lewat 5 bulan, beliau baru bisa makan makanan lain, tapi tetap kacang hijau adalah menu favoritnya. 

Banyak yang tidak percaya, “Apa iya kacang hijau bisa bikin rambut tebal?”. Dan menebak-nebak mungkin saya memang punya gen turunan rambut tebal. Jawabannya adalah tidak. Kedua orang tua saya rambutnya tidak tebal. Bahkan alis mereka pun tipis, tapi saya punya alis yang tebal. Begitu pula dengan kakek nenek saya dari kedua belah pihak. Bahkan salah satu pakde saya pernah bilang, “Dalam satu trah kita, cuma Jehan satu-satunya yang rambutnya selebat ini.”.

Berhubung saya ini memakai hijab, jadi saya tidak bisa mengupload foto rambut saya di sini. Untuk itulah saya memberikan gambaran seperti di atas. Yah sekalian sombong dikit lah haha. #astaghfirullah

Nah, buat Anda yang sedang hamil, apalagi hamilnya ngebo, silahkan konsumsi kacang hijau. Inshaa Allah membantu supaya anaknya nanti berambut lebat. Trus gimana dengan yang udah terlanjur melahirkan dan rambut bayinya belum tumbuh lebat? Selama masa 2 tahun ASI, si ibu bisa konsumsi kacang hijau. Ini juga membantu kok. Karena ada pengalaman dari teman saya yang seperti itu. Kalau bayinya suka, boleh diberi minum air kacang hijau. Bayi tetangga saya ada yang masih umur 6 bulan sudah sering diberi air kacang hijau (pakai dot) dan hasilnya memang rambut si bayi jadi cepat tumbuh panjangnya dan jadi semakin lebat.

Jangan tanya saya apa kandungan kacang hijau yang membuat rambut menjadi cepat panjang dan lebat. Karena saya kurang paham. Untuk hal ini, Anda bisa cari di Google. Karena di sini saya hanya sharing pengalaman saja. Semoga bisa membantu.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. 🙂

Leave a Reply

