handiramy's Blog

Just a stupid weblog

Pengalaman Merawat Wajah

on March 23, 2017

Yoyoy!

Kali ini gue mau sedikit review n sharing pengalaman aja tentang perawatan wajah.

Jaman gue kuliah dulu di Bandung, kulit gue yang tadinya item ala2 India Punjabi bisa berubah jadi putih. Ya putih jowo gitu lah aka kuning langsat, bukan putihnya Asia Timur. Padahal gue ga pernah pake krim wajah apapun, ga pernah luluran, ga pake whitening handbody, dsb. Soalnya masih jaman tomboy sih (sekarang udah insyaf wkwkwk). Mungkin karena di Bandung itu air n udaranya yang seger. Air di Jakarta juga bikin bersih sih (dulu rumah gue di Jakarta), cuma teriknya matahari bikin kulit agak gosong (juga bikin flek di wajah nyokap).

Belum genap setahun setelah gue lulus kuliah, gue pindah rumah ke Jogja. Yak, kota yang terkenal dengan kedekilan orang2nya. Tadinya gue pikir karena orang2nya aja yang males merawat diri. Tapi ternyata gue salah besar!

Air di Jogja cukup bersih meskipun ga se-oke Bandung. Tapi panas teriknya matahari ini yang bikin kacau. Panasnya bukan cuma bikin cepet gosong, tapi bikin kulit jadi dekil n kering. Gue sebenernya dari dulu paling males pake handbody, tapi selama gue tinggal di Jakarta n Bandung, kulit tangan n kaki gue ga pernah kering. Tapi di Jogja sini ya Allah pada bersisik kulit gue kalo ga dikasih handbody haha. Eee jangankan kulit yaa, wong rambut gue yang hitam legam berkilau bak bintang iklan shampoo aja jadi sedikit agak coklat kayak anak layangan.

Gue pindahan ke Jogja akhir April 2016. Waktu itu, gue pake skincare dari ERHA, udah sejak Desember 2015. Seinget gue, udah 3 kali kontrol gitu. Terakhir kontrol bulan Mei 2016 dan tetep di Jakarta, tepatnya di Erha daerah Tebet. Kebetulan waktu itu ke Jakarta buat nengokin kakak ipar yang lahiran.

Krim Erha gue biasanya bisa gue pake selama 5-6 minggu. Gue masih inget waktu lebaran 2016 muka gue masih putih. Cumaaaaaaa….

Nah, ada cumanya nih.

Setiap gue kontrol di Erha, dokternya selalu ngasih resep obat krim yang berbeda2. Dari beberapa kali ganti krim, yang paling cocok hasilnya di muka gue adalah resep yang paling pertama. Sayangnya, makin lama makin ga cocok. Muka emang tetep putih, tapi kering n kusam. Nah lho, putih tapi kusam. Aneh kan. Mana krimnya pahit banget pula. Rasanya teraniaya banget kalo pas lagi naik motor trus hujan. Udah keujanan, mulut n lidah pahit banget pula huhu. Jadinya setelah lebaran pas krimnya habis, gue ga balik lagi ke Erha.

Gue rehat ga pake krim apa2 sekitar sebulanan. Muka gue perlahan menggelap deh (soalnya kemana2 naik motor n ga pernah pake sunblock juga). Trus pertengahan Agustus 2016 gue nyoba Navagreen (karena diajak kakak ipar trus gue tergoda haha). Tapi gue cuma ngabisin krim sekali aja trus ga balik lagi. Karena gue ngerasa ga ada perubahan yang berarti. Emang sih kulit udah ga kering2 amat, dan ga kusam2 amat. Tapi kulit wajah gue belum balik normal. Emang dasar ga sabaran bin kesel jadi gue ga lanjutin pake Navaagreen.

Setelah lepas dari Navaagreen, gue istirahat dari krim wajah selama kurang lebih 3 minggu. Berhubung gue pengangguran, jadi gue punya waktu lebih buat ngurusin muka jelek ini. Gue rajin maskeran pake madu murni asli, dan seminggu 2x masker madunya gue tambahin gula pasir. Fungsinya untuk scrub. Ga cuma masker madu, gue juga pake minyak zaitun murni buat maskeran. Dan kalo ada tumbuh jerawat, cukup gue olesin pake sayatan bawang putih (ini pedih banget gilak, lo kudu sedia kipas). Bisa dioles sehari 2 ato 3 kali.

Hasilnya? Mendingan lah. Tapi ya namanya cara tradisional, ga mungkin hasilnya keliatan jelas hanya dalam waktu 3 minggu.

Ga sabar lagi deh gue. Akhirnya gue beli krim Wardah. Sama mbak2nya disaranin pake seri Lightening yang Step 1 dulu. Ini gue belinya seinget gue akhir Desember 2016 deh. Tapi gue pakenya kurang dari 3 minggu aja trus ga lanjut lagi. Hasilnya lama n ga signifikan. Gue tadinya mikir mau ngabisin aja trus ganti yang Step 2 trus abisin lagi n ganti yang Secret White. Pasti dari yang dosis rendah dulu ke dosis tinggi kan. Tapi kali ini bokap gue yang ga sabar.

Kebetulan, sekitar 2 minggu pemakaian Wardah, gue kena ‘musibah panas’ hiks. Pada suatu hari gue harus keliling muter2 Jogja dengan sepeda motor dalam keadaan cuaca yang super duper panasnya Mashaa Allah. Teriknya luar biasa. Radiasi panasnya terasa nembus baju n jeans sekalipun, bahkan nembus kulit. Gue motoran dari jam 10 pagi sampe jam 2 siang. Gilak, itu kan jam panasnya Jogja. Tapi gue terpaksa karena dapet tugas dari bokap huhu.

Begitu sampe rumah, rasanya mau nangis darah. Kulit gue langsung item dekil ala2 Jogja. Sumpah item, kusam, kering. Terutama wajah n punggung tangan. Padahal udah pake masker n sarung tangan. Gue belum pernah seitem n sedekil itu. Muka gue juga jadi super keriiiing banget. Sampe ga berani pake bedak. Soalnya kalo dibedakin makin keliatan keringnya. Lagipula dengan warna kulit yang begitu jadi ga cocok dengan warna bedaknya. Kesannya jadi kayak pake warna bedak yang 2 tone lebih terang dari warna kulit. Btw gue pake loose powdernya Make Over yang Translucent nomor 1.

Seminggu kemudian setelah tragedi panas itu, bokap gue ke Jogja (beliau masih dinas di Jakarta). Ternyata bokap syok berat melihat penampilan anak gadisnya ini yang sangat jauh berbeda hahaha. Jangankan bokap yang jarang ketemu, lha pakde gue di Jogja aja komen kalo gue jadi item sejak pindah ke Jogja, hiks hiks…

Bokap langsung merasa kasihan n lantas nyuruh gue ke klinik kecantikan terbaik di Jogja. Yah meneketehe apa yang terbaik. Lagian kan krim itu cocok2an. Cocok buat si A, belum tentu cocok buat si B.

Setelah beberapa hari browsing, baca2 review, tanya sana sini, akhirnya gue memutuskan akan mencoba MIRACLE. Gue ke Klinik Miracle tanggal 24 Januari 2017. Berarti sekarang udah 2 bulan. Dan alhamdulillah gue cocok pake Miracle. Hasilnya memang perlahan tapi signifikan. Setelah 1 bulan pemakaian, si kusam minggat total dari muka gue. Oiya, gue juga pake Serum White Secret Wardah. Di Miracle gue cuma pake krim pagi n malamnya aja. Sabun muka sih udah lama pake Lightening Scrubnya Wardah.

Sekarang, setelah 2 bulan pake krim Miracle n sebulan pake serum Wardah, muka gue putih n glowing. Gimana dengan jerawat? Gue pake krim apapun tetep aja jerawat pasti nongol dari ssminggu sebelum haid, sampe haid selesai. Gue masih tetep pake bawang putih, plus gue juga pake Tea Tree Oil dari The Body Shop yang buat ngempesin jerawat itu. Jerawat emang cepet kempes, tapi ngilangin merah bekas jerawatnya itu yang agak lama.

Sekarang banyak orang yang bilang muka gue putih mulus. Mulus? Ga juga sih. Karena gue punya banyak acne scars alias bopeng alias lubang2 bekas jerawat di pipi kanan kiri gue. Cuma mungkin sekarang entah hanya tersamarkan ato emang menipis bopengnya. Sbenernya kalo cuma krim sih ga bisa nyamarin apalagi ngilangin bopeng. Cara yang gue lakukan adalah dengan masker madu murni yang ditambah gula pasir sebagai scrub. Juga dengan microdermabrasi di salon kecantikan. Kebetulan di deket rumah ada salon kecantikan dengan harga terjangkau, namanya klinik Alia. Gue facial microdermabrasi paling cepet 2 minggu sekali n paling lama 4 minggu sekali. Eh bisa lebih ding, soalnya tergantung isi dompet hahaha. Sampe sekarang totalnya kayaknya udah 5 kali gue treatment microdermabrasi. Sekali di Navaagreen n sisanya di Alia.

Gue pengen banget bisa punya pipi mulus n akhirnya gue browsing tentang dermaroller yang katanya cara paling ampuh buat ngilangin bopeng. Gue liat di instagram banyak jasa home service kecantikan di Jogja. Tapi gue ngeri ah. Meskipun harga lebih miring. Jadi gue cari yang udah ada tempatnya n bagus reviewnya. Dapatlah gue 2 klinik oke. Yaitu ZAP dan 4U. Harga dermaroller di ZAP 500rb/treatment. Trus mereka juga punya face toning dengan harga 250rb/treatment. Review sih bagus2 yaa apalagi yang ngasih testimoni banyak yang dari kalangan artis. Mungkin kapan2 gue akan coba face toningnya. Tapi untuk dermaroller kayaknya gue pilih 4U aja soale lebih deket rumah hihi.

Inshaa Allah bulan depan gue mau coba dermaroller di Klinik 4U di daerah Monjali. Kalo cuma sekali sih 480rb. Tapi ada paket 875rb untuk 4 kali dermaroller. Trus untuk kasus bopeng gue butuh berapa kali treatment? Ya belom tau soalnya belom konsul dokternya. Habisnya sekarang lagi bokek dan untuk konsul dokter di 4U dikenai biaya 85rb.

Kalo treatment dermaroller bisa sukses bikin muka gue mulus, gue bakal update di blog gue. 🙂

Leave a Reply

