handiramy's Blog

Just a stupid weblog

Benci?

on July 4, 2016

Akan ada rencana Allah yang kita tidak tahu bagaimana caranya. Penyelesaian dari-Nya akan selalu ada. Dan akan ada satu waktu semua penat yang membebani itu hilang, tergantikan oleh episode cerita lainnya. Mungkin waktu itu esok, lusa, setahun lagi, dua tahun lagi, atau entah kapan. Tapi waktu itu pasti ada. Sungguh, Allah sudah membuat skenario. Bukankah aku dari dulu selalu bilang bahwa aku memasrahkan semua cerita ini pada skenario-Nya? Dan sakit ini jelas salah satu skenario-Nya. Tinggal aku bisa konsisten dengan kata yang pernah kuucapkan untuk pasrah pada skenario itu atau tidak. Allah jelas punya rencana. Allah jelas punya solusi, yang kadang-kadang logika kita pun tak mampu memikirkannya.

Benci? Ayolah berdiri. Mengisi waktu dengan menyimpan benci hanyalah mengotori hati. Sapu dengan mengingat-Nya. Sapu dengan dzikir. Sapu dan bakar semua benci itu sampai abunya pun tak bersisa. Redam semua emosi itu hingga hanya hawa tenang yang menyertaimu. Biar sakit itu memang ada. Biar sakit itu menjadi penggugur dosa. Biar Allah yang menilai. Dan biar Dia juga yang menolong. Hanya Dia. Hasbunallah. Bukankah yang menggerakkan hatimu dan hatiku, juga hatinya adalah Dia? Maka berdoa saja. Pegang janji-Nya baik-baik. Dia tidak akan meninggalkanku, apalagi menyakitiku. Sakit yang Dia kirim untukku adalah pengingat. Bukan begitu?

Tuhan, sampaikan maaf karena aku pernah membenci dia. Dia yang tak berani kusebut namanya karena selalu menyesakkan. Pagi ini saja. Dua jam saja. Setelahnya, aku janji tak lagi membencinya. Aku mau jalan-jalan jauh. Mau kembali ingat bahwa skenario-Mu itu indah dan terbaik. Aku mau jalan-jalan jauh. Aku mau jalan-jalan jauh, membuang semua benci, lalu membiarkan hidupku berjalan sebagaimana mestinya. Aku mau menginstall ulang semuanya.

Leave a Reply

