handiramy's Blog

Just a stupid weblog

Tahap Pengurusan Visa di Indonesia

on March 2, 2015

ABOUT VISA

Setiap warga negara tertentu yang berniat untuk berkunjung ke keluar negeri setidaknya membutuhkan dua dokumen perizinan yaitu Paspor dan Visa.
Tanpa dokumen Paspor dan Visa siapapun tidak bisa berkunjung ke negara lain, kecuali secara tidak sah alias kita masuk negara orang layaknya maling.

Visa merupakan sebuah dokumen perizinan untuk seseorang yang ingin tinggal di negara orang lain selama kurun waktu tertentu misalkan 30 hari, 1 tahun atau lebih. Tanpa bermodalkan kepemilikan Visa, maka Anda tidak bisa tinggal di negeri orang meskipun hanya untuk beberapa menit .. ( umumx bila ketahuan ya masuk bui dulu trus diproses gimna nota kesepahaman ya di deportasi tp dpt black list dri negara yg kita masuki diam² utk jangka waktu yg tidak thu jdi jgn coba² bermain api dlm urusan birokrasi politik suatu negara )

Jadi, jika Anda berniat untuk berkunjung ke suatu negara, selain harus berbekal Passport Anda juga harus memiliki dokumen Visa. Setelah pengajuan untuk membuat Visa dikabulkan ia akan ditempelkan pada halaman Passport Anda.

Visa ada banyak jenisnya sesuai dengan fungsi atau kegunaannya seperti :
Visa turis/pelancong yang biasanya berlaku untuk 14-30 hari
Visa pelajar
Visa pekerja
Visa yang hanya dapat dibuat oleh pejabat penting sebuah negara

#‎TAHAP_PENGURUSAN_VISA‬
1. Datang ke Perwakilan/Kedubes/Konsulat Negara tujuan misalx Pakistan ..
°°note : Ada beberapa kedubes yg memerlukan appointment sebelum kita mengajukan visa di kedubes mreka seperti UK or Jerman bgtu juga ada yg mengurus by online and off course with antrian online juga smile emoticon
2. Mengisi formulir yang di sediakan.
Formulir permohonan visa biasanya gratis.
3.Melengkapi dokumen-dokumen² :
★ Paspor Asli
★ Surat Keterangan dari instasi yang mengirim bila itu kunjungan kerja
★ Pas photo latar putih asli bukn efek camera 360° , hahahaha …ukuran 3*4 dan 4*6 sebanyak 6 lbr
★ Surat Sponsor dari Negara yang dituju ya misalx cowok atau keluarga kamu klo utk Pakistan umumx surat jaminan hrus diatas kertas bermaterai dn di tandatangani oleh mr yayang kita dn salah satu org tua mreka gitu dn disahkn oleh pengadilan Pakistan smile emoticon ‪#‎CMIWW‬
★ Jaminan Keuangan cth rekening koran 3 bulan umumx sich kedubes² itu punya batas minimal saldo yg dilihat itu sebesar 30 juta smile emoticon.
★ Untuk perwakilan Negara tertentu ada wawancara
Klo sy dulu dk ada sich wawancara so it was depend moodx pegawai kedubesx aja kali yach apalagi klo english kmu lancar dn saat kmu menjelaskn dokumen² kmu ke pegawai kedubes maybe it was cara mereka test kita smile emoticon
★ Membayar biaya visa .
Biaya visa ini bervariasi antara satu Negara dengan Negara lainnya, juga tergantung jenis visa yang kamu minta …
Umumx akan lbh mahal klo pke agen so lbh baik dtg sendiri dn urus sendiri thun 2011 , sy diminta Rp 455.000 tp skrg udh increase hargax sekitar Rp 700.000 dn ingat ‘ DISETUJUI ATAU TIDAK VISA KAMU , UANG BAKALAN HANGUS ‘ … ★ Pemberitahuan, apakah visa diterima atau di tolak, apabila visa diterima, kamu bisa mengambil visamu sesuai jadwal yang diberikan pihak kedutaan atau konsulat jendral Negara tujuan.
Pengambilan bisa dengan menunjukan resi pengajuan permohonan visa.
( Klo saya dulu dua kali berkas dikembalikn kr dk lengkap yaitu surat² dri Pakistan hrus yg asli bukn scan email dn bgtu dtg utk ketiga kali dgn berkas lengkap, cerita dikit ama petugas kedubes , dikash kwintasi dn tgl ambil paspor asli sy setlh 4 hari dn terxta sy dpt visa , yipiiie ) …

Pada prinsipnya, visa dapat diberikan kepada pemohon apabila :
Yang bersangkutan memenuhi persyaratan berikut diatas dan bila pengeluaran visa dianggap cukup beralasan.
Pemohon memiliki paspor yang berlaku dan berhak masuk kembali ke negara dimana pemohon adalah warganegaranya atau warganya, atau negara tempat pemohon tinggal.
Seluruh dokumen yang diserahkan harus asli, lengkap dan memuaskan.
Segala kegiatan yang akan dilakukan oleh pemohon selama berada di negara yg dituju atau status sipil/ posisi pemohon dan masa tinggal pemohon, harus memenuhi persyaratan tentang status tinggal dan masa tinggal sebagaimana telah ditentukan dalam Immigration Control and Refugees Recognition Act ( peraturan mengenai keimigrasian dan penakuan pengungsi ) .

.

====================================================================================

Sumber: Facebook Group “Foreign Relationship Community / FRC”, posted by admin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: