handiramy's Blog

Just a stupid weblog

PROSES LEGALISASI DOKUMEN (Akta & SKBM) UNTUK PERNIKAHAN DENGAN WNA MENURUT UU DI INDONESIA

on December 8, 2014

Attention: this is not my personal experience. Saya cuma copas aja dari suatu sumber.

***

Berikut pengalaman saya yang bisa digunakan sebagai acuhan apabila teman-teman mau mengurus legalisir itu sendiri:

••• PEMBUATAN AKTA & SKBM •••

#‎AKTA‬
Karena pihak sana (negara yang kita tuju, dalam kasus saya Belanda) tidak mau menerima (dokumen) akta berumur lebih dari lima tahun, beberapa teman menyarankan untuk membuat akta baru dengan berbohong kalau akta kita hilang. Saya pun melakukannya dengan akhir rasa penyesalan yang paling dalam selama proses ini.
Ternyata pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kota saya, Banyuwangi) mau membuatkan akta baru (kutipan kedua) dengan alasan apapun (dalam hal ini mereka tau kalau saya mau menikah dengan WNA). Karena sudah terlanjur bohong kalau akta hilang, maka saya pun urung untuk berterus terang. Asumsinya kalau dinas di kota kecil saja mau mengeluarkan, apalagi kota besar yang menurut saya lebih terintegrasi. Maka lebih baik menerangkan saja alasan yang sesungguhnya.
Hirarki pembuatannya :

1. SURAT PENGANTAR dari RT (dalam kasus saya, hanya RT saja, ada teman harus RT RW juga, jadi silahkan menyesuaikan dengan kebijakan lingkungan setempat) dibawa ke Kelurahan.
Bawalah dokumen sbb: Surat Tanda Lapor Kehilangan dari kepolisian, fotokopi KK, fotokopi KTP, dan fotokopi Akta. Kelurahan mengeluarkankan SURAT KETERANGAN KELAHIRAN.

2. SURAT KETERANGAN KELAHIRAN dari Kelurahan dibawa ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di mana kita tinggal. Bawalah Surat Permohonan pribadi (saya punya formatnya, nanti saya bisa share) yang ditujukan kepada KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN ….. untuk membuatkan Akta Lahir Kutipan Kedua dikarenakan hilang (alasan menyesuaikan), dengan menyatakan lampiran dokumen sbb: Surat Tanda Lapor Kehilangan, Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan, fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi KTP Ibu dan Ayah jika mereka bercerai (fotokopi buku nikah jika masih bersama).
Proses dari RT ke KACAPIL adalah 1 hari kerja. Proses pembuatan Akta adalah seminggu. Akta terbaru sudah dualbahasa (bahasa Indonesia dan Inggris), meski menurut saya bahasa Inggrisnya tidak sesuai. Akta baru tidak perlu ditranslate.
Biaya: gratis.

#‎SKBM‬ (Surat Keterangan Belum Menikah)
SKBM ini dalam kasus saya hanya berlaku 6 bulan setelah tanggal pembuatan. Mohon dicek kembali di negara teman-teman SKBM berlaku berapa lama jika diperlukan.
Hirarki Pembuatannya :

1. SURAT PENGANTAR dari RT seperti di atas dibawa ke Kelurahan. Bawalah dokumen sbb: fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi Akte. Kelurahan akan mengeluarkan (pengantar) SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH.

2. SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH dari Kelurahan dibawa ke KUA setempat. KUA akan mengeluarkan SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH yang nantinya bisa gunakan untuk dilegalisir. Jangan lupa untuk meminta spesimen tanda tangan pejabat yang bersangkutan dalam hal ini Kepala KUA yang menandatangai SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH tersebut. Kita bisa juga membawa format sendiri, minta KUA yang membuatkan atau kita membuat satu lembar spesimen sendiri dengan nama, pejabat dll, nanti pejabatnya tinggal memberi TTD, paraf, dan stempel KUA. (saya punya formatnya dari KEMKUMHAM, nanti saya bisa share).
Proses SKBM keseluruan adalah 1 hari. Biaya: gratis.

SURAT KETERANGAN BELUM MENIKAH ditranslate ke Penerjemah Belanda Tersumpah. Biaya: 150K/dokumen.
Karena penerjemah saya di Surabaya sementara saya di Banyuwangi, maka saya kirim SKBM lewat e-mail dan beliau mengirimkan terjemahan lewat kurir dengan biaya 20K.

.

••• LEGALISIR AKTA & SKBM DI 3 INSTITUSI (KEMENKUMHAM, KEMENLU, DAN KEDUTAAN) •••

Siapkan:
1. Dokumen yang mau dilegalisir beserta fotokopiannya dua lembar (1 untuk KEMENKUMHAM, 1 untuk KEMENLU).

2. Fotokopi KTP 2 lembar (1 untuk KEMENKUMHAM, 1 untuk KEMENLU).

3. Materai 6000 disesuaikan banyaknya dokumen (jika 3 dokumen, maka siapkan 6 materai. 3 untuk KEMENKUMHAM, 3 untuk KEMENLU).

4. 2 map (1 untuk KEMENKUMHAM, 1 warna kuning untuk KEMENLU)

Hirarki proses legalisir: KEMENKUMHAM—>KEMENLU—>KEDUTAAN. Proses keseluruhan adalah 5-6 hari kerja.

#‎KEMENKUMHAM‬
Bawalah semua dokumen ke bagian pelayanan umum dan masukkan ke dalam MAP. Ambil nomer antrian. Jangan lupa membawa spesimen TTD dari KUA untuk SKBM (bagi yang muslim). Apabila teman-teman tidak mempunyai spesimen, maka SKBM tersebut sebelumnya harus dilegalisir ke KEMENAG terlebih dahulu. Saya sarankan jangan ambil langkah ini karena bisa jadi format SKBM KUA dan SKBM KEMENAG beda. Ada teman yang SKBM dari KUA ditolak KEMENAG dan harus membuat baru di KUA dengan menyesuaikan format dari KEMENAG. Serem dan menyebalkan bukan? Jadi lebih baik bawa spesimen aja lebih aman.
Proses legalisir 2-3 hari. Biaya 30K/dokumen (sebenarnya 25K/dokumen tapi kena charge 5K/dokumen untuk administrasi).

#‎KEMENLU‬
Bawalah semua dokumen ke bagian pelayanan umum dan masukkan ke dalam MAP. Tidak perlu ambil nomer antrian. Langsung saja di bagian legalisir. Proses legalisir 1 hari kerja. Hari ini dimasukkan, esok jam 3 sore sudah bisa diambil. Biaya 10K/dokumen.

#‎KEDUTAAN‬
Dalam kasus saya adalah Kedutaan Belanda. Bawalah hanya dokumen yang mau dilegalisir saja tanpa embel-embel yang lain. Jadwal pengajuan legalisir jam 8 pagi sampai jam 12 siang tanpa membuat janji terlebih dahulu. Proses hari itu juga diambil antara jam 2.30 siang sampai jam 3 sore. Biaya 26,25 euro/dokumen. Pembayaran dalam rupiah.

Nah itu tadi pengalaman saya. Jika teman-teman tinggal di Jakarta, ada waktu (pengangguran seperti saya), dan suka tantangan (jalanan ibukota yang aduhai), maka saya sarankan mengurus dokumen itu sendiri. Tapi kalau ga mau capek, sedang bekerja, di luar kota dan ingin terbantukan, maka memakai pertolongan agency adalah pilihan tepat.

************************************************

Semoga membantu! ^_^

Source: Facebook Group “Foreign Relationship Community / FRC”, posted by its admin.

6 responses to “PROSES LEGALISASI DOKUMEN (Akta & SKBM) UNTUK PERNIKAHAN DENGAN WNA MENURUT UU DI INDONESIA

  1. Hello mbak!salam kenal! Bisa minta share contoh format spesimen dari kemenkumham itu nggak ya??
    aku rencana mau urus skbm besok ke KUA..
    thanks in advance 🙂

  2. Hello Mbak! Salam kenal!
    Aku boleh minta tolong share format spesimen dari Kemenkumham untuk KUA nya ??
    Besok aku rencana untuk urus SKBM ke KUA.. aku nggak mau sampai bolak – balik ke Kemenkumham karena mereka menolak tanpa spesimen tsb..
    Bisa dikirim ke emailku ya mbak:
    ikaayukusumadewi@ymail.com

    Thanks in advance Mbak 🙂

    • Rere says:

      Hi,
      Salam kenal, kebetulan baca comment nya dan kebetulan punya masalah yg sama hiks. Apakah kamu punya format spesimen dr dephukam nya? Atau tau ga surat edaran atau peraturannya yah? Si bapak kua nya ga mau kasih soalnya hiks. Ribet.
      Makasih ya
      Rere
      Julisnitatri@gmail.com

  3. Rere says:

    Hi mbak,
    Bisa tolong share format spesimen dr dephukam nya? Oh ya atau ada ga mbak copy persyaratan dr dephukam atau surat edaran yg minta spesimen tanda tangan? Soalnya bapak kua nya ga mau kasih nih hiks

    Salam kenal
    Rere
    Julisnitatri@gmail.com

  4. vriksa says:

    Hiii Mbak saya jg mau buat SKBM juga besok . Boleh minta Contoh spesimen dari menkuhamnya jg Mbak buat jaga jaga juga . Kirim Vrisca_nico@hotmail.com
    terimakasih

  5. vrisca says:

    maaf Saya juga sedang mau memgurus SKBM . Tapi sayangnya saya di Luar Negri . Kira 2 dimana ea saya bisa mencari agency untuk mengurus itu semua . Thanks
    dan klo boleh . Mohon di shared Spesimen dari KUA nya agar keluarga gag ribet bolak balik KUA Untuk pembuatan yg baru .
    Vrisca_nico@hotmail.com

    Trimakasih

Leave a Reply

